Langsung ke konten utama

Media Pada Jaringan Komputer



Nama : Dyeva Mahaputra
NIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Pada Postingan sebelumnya, kita mengetahui bahwa Dalam pertukaran data pada jaringan computer harus melewati berbagai macam layer dan protokolnya. Namun bagaimana pertukaran data itu terjadi dalam fisik?

Salah satu syarat adanya jaringan computer adalah minimal terdapat 2 perangkat yang terhubung sehingga terjadi koneksi dan transmisi data antar 2 perangkat tersebut. Untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, dibutuhkan sebuah media jalur untuk menghubungkannya.

Terdapat 2 Jenis media dalam pertukaran data, yaitu :
1. Kabel (WIRED) contohnya : UTP,LAN,HDMI
2. Non/Nirkabel (WIRELESS) contohnya : 3G, WIFI, BLUETOOTH

Seiring bertambahnya waktu, Teknologi Nirkabel makin banyak di gunakan, dari hal tersebut lah maka berkembangnya persinyalan dalam jaringan computer yang dapat dikenal dengan data analog, data digital, sinyal analog dan sinyal digital.

Data Analog adalah data yang bersifat kontinu, contohnya ialah suara hewan, bunyi alat music dan suara manusia.

Sinyal Analog adalah sinyal yang bersifat Kontinu, biasa banyak di gunakan dalam alat-alat komunikasi (HT,Telephone)

Data Digital ialah data yang bersifat diskrit (Artinya bernilai antara 0 dan 1) seperti kode biner. bagaimana data digital ini dapat terbentuk? Dapat kita lihat dalam contoh seperti ini, misalkan suara hewan direkam kedalam audio, suara (input) tersebut akan di ubah menjadi sebuah nilai 0 dan 1. lalu ketika rekaman tersebut diputar, Data akan mengubah kembali nilai tersebut menjadi audio.

Sinyal Digital adalah sinyal yang bersifat diskrit. mirip seperti data digital, namun melalui pertukaran data bernilai 0 dan 1 yang memiliki kecepatan masing masing.

Kecepatan yang terjadi dalam pertukaran data Digital dapat di ketahui atau umumnya disebutkan dalam dua hal, bit (b) dan Byte (B).

1 Byte (B) memiliki nilai 8 bit (b). dalam computer kita sering melihat kecepatan seperti 200Kbps (200 Kilo bit per second) yang merupakan kecepatan data pertukaran.

lantas bagaimana menghitung ukuran data digital dalam bit/Byte?

Rumus :
Jumlah halaman dokumen X jumlah baris dokumen X jumlah karakter dokumen x 8 .

Contoh :
Sebuah dokumen digital sebanyak 1000 halaman, 80 baris, 100 karakter. Hitunglah bit rate ! .

Jawab : (1000x80x100x8) bps = 64.000.000 bps ,

Jika diubah ke bentuk satuan lain, maka = 64.000 Kbps = 64 Mbps = 8 Mbps

Referensi :

Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014.
ISBN : 602-1514-58-0.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Network Layer .bag 2

Nama : Dyeva Mahaputra NIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Pada Network Layer terdapat beberapa protokol, sebelumnya sudah dijelaskan beberapa protokol tersebut. kali ini saya akan menjelaskan tentang protokol lainnya yang juga dikenal sebagai salah satu protokol inti seperti halnya TCP/IP bernama ICMP. ICMP sendiri ialah sebuah kependekan dari apa yang kita kenal dengan nama Internet Control Message Protocol. ICMP memiliki peran dan fungsi yang penting dalam sebuah jaringan internet. Contoh penggunaan ICMP dalam ping komputer. Pada ping komputer A akan mengirimkan ICMP echo request ke komputer B. Komputer B kemudian akan membalas ICMP echo replay . Komputer A akan menghitung lama waktu antara pengiriman ICMP request dan penerimaan ICMP reply. ICMP juga digunakan untuk memberikan pesan error jika suatu layan...

JARINGAN KOMPUTER DAN PERAN BAGI KEHIDUPAN

Nama : Dyeva Mahaputra NIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Desain Client-Server adalah Desain dimana yang meminta merupakan Client dan yang memberikan adalah Server, dan telah di gunakan di hamper seluruh aplikasi jaringan computer. Jaringan Komputer sederhana adalah dua buah computer yang terhubung melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data. Sedangkan Jaringan Komputer yang lebih luas memerlukan perangkat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router mupun Gateway. Jaringan Komputer terbagi atas 4 Jenis, yaitu ; 1. Berdasarkan Jangkauan (...