Langsung ke konten utama

Media Pada Jaringan Komputer



Nama : Dyeva Mahaputra
NIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Pada Postingan sebelumnya, kita mengetahui bahwa Dalam pertukaran data pada jaringan computer harus melewati berbagai macam layer dan protokolnya. Namun bagaimana pertukaran data itu terjadi dalam fisik?

Salah satu syarat adanya jaringan computer adalah minimal terdapat 2 perangkat yang terhubung sehingga terjadi koneksi dan transmisi data antar 2 perangkat tersebut. Untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, dibutuhkan sebuah media jalur untuk menghubungkannya.

Terdapat 2 Jenis media dalam pertukaran data, yaitu :
1. Kabel (WIRED) contohnya : UTP,LAN,HDMI
2. Non/Nirkabel (WIRELESS) contohnya : 3G, WIFI, BLUETOOTH

Seiring bertambahnya waktu, Teknologi Nirkabel makin banyak di gunakan, dari hal tersebut lah maka berkembangnya persinyalan dalam jaringan computer yang dapat dikenal dengan data analog, data digital, sinyal analog dan sinyal digital.

Data Analog adalah data yang bersifat kontinu, contohnya ialah suara hewan, bunyi alat music dan suara manusia.

Sinyal Analog adalah sinyal yang bersifat Kontinu, biasa banyak di gunakan dalam alat-alat komunikasi (HT,Telephone)

Data Digital ialah data yang bersifat diskrit (Artinya bernilai antara 0 dan 1) seperti kode biner. bagaimana data digital ini dapat terbentuk? Dapat kita lihat dalam contoh seperti ini, misalkan suara hewan direkam kedalam audio, suara (input) tersebut akan di ubah menjadi sebuah nilai 0 dan 1. lalu ketika rekaman tersebut diputar, Data akan mengubah kembali nilai tersebut menjadi audio.

Sinyal Digital adalah sinyal yang bersifat diskrit. mirip seperti data digital, namun melalui pertukaran data bernilai 0 dan 1 yang memiliki kecepatan masing masing.

Kecepatan yang terjadi dalam pertukaran data Digital dapat di ketahui atau umumnya disebutkan dalam dua hal, bit (b) dan Byte (B).

1 Byte (B) memiliki nilai 8 bit (b). dalam computer kita sering melihat kecepatan seperti 200Kbps (200 Kilo bit per second) yang merupakan kecepatan data pertukaran.

lantas bagaimana menghitung ukuran data digital dalam bit/Byte?

Rumus :
Jumlah halaman dokumen X jumlah baris dokumen X jumlah karakter dokumen x 8 .

Contoh :
Sebuah dokumen digital sebanyak 1000 halaman, 80 baris, 100 karakter. Hitunglah bit rate ! .

Jawab : (1000x80x100x8) bps = 64.000.000 bps ,

Jika diubah ke bentuk satuan lain, maka = 64.000 Kbps = 64 Mbps = 8 Mbps

Referensi :

Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014.
ISBN : 602-1514-58-0.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EtherApe

Nama : Dyeva MahaputraNIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Kali ini Saya mencoba menginstall dan menggunakan aplikasi EtherApe. sebelumnya saya akan jelaskan apa itu EtherApe,  Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. Kemudian Saya menginstall EtherApe dengan mengetikan command ini di terminal sudo apt-get install etherape setelah proses installasi selesai, Saya membuka dengan menggunakan command sudo etherape sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut : Selanjutnya saya mencoba mengubah mode tampilan etherape yang awalnya adalah mode Internet Protocol menjadi