Langsung ke konten utama

Layer Pada Jaringan Komputer


Nama : Dyeva Mahaputra
NIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Layer, atau biasa kita kenal dengan lapisan adalah sebuah tingkatan akan suatu hal atau Objek. Sebagai Perumpamaan dapat kita bayangkan layer adalah lapisan demi lapisan yang ada pada kue lapis, semakin tebal sebuah kue maka akan semakin banyak pula lapisan/layernya.

Begitupun pada Jaringan Komputer. Sebuah Jaringan haruslah memiliki lapisan dalam jaringannya, salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga keamaan yang terjalin di jaringan itu sendiri.

Pada Jaringan computer terdapat ketersediaan protokol (aturan) di dalam jaringan, pemecahan dan penyatuan paket data, keamanan data, dan komunikasi. Protokol inilah yang termaksud kedalam bagian dari layer, yang memiliki fungsi dalam jaringan.

Layer dalam Jaringan computer terbagi menjadi 3 model :
A. 7 layer OSI (fundamental)
B. 4 layer TCP/IP (fundamental)
C. 5 layer TCP/IP versi Forouzan (terbaru)

Saat ini kita menggunakan Layer TCP/IP Versi Forouzan yang merupakan Layer Jaringan dengan teknologi terbarukan. Dalam Model versi Forouzan ini terdapat 5 Jenis Layer, yakni : Physical Layer, Data Link Layer, Network Layer, Transport Layer, Application Layer.

Ketika dua computer melakukan pertukaran data melalui jaringan, maka Data dari Komputer A akan melawati Application Layer hingga Phyxical Layer, lalu diterima oleh Komputer B yang akan mengambilnya dari Application Layer hingga Physical Layer.

Tentunya setiap Layer memiliki Protokolnya sendiri. Protokol adalah aturan di dalam jaringan komputer yg mengatur bentuk komunikasi, pertukaran data, hingga aplikasi dan keamanan.

Contohnya :
1. HTTP/HTTPS, FTP, ARP, TCP, IP, SMTP. (P = Protocol).
2. Pada Application Layer, protokol HTTP/HTTPS spesifik pada layanan berbasis web menggunakan aplikasi web browser.

Referensi :
Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014. 
ISBN : 602-1514-58-0.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EtherApe

Nama : Dyeva MahaputraNIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Kali ini Saya mencoba menginstall dan menggunakan aplikasi EtherApe. sebelumnya saya akan jelaskan apa itu EtherApe,  Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. Kemudian Saya menginstall EtherApe dengan mengetikan command ini di terminal sudo apt-get install etherape setelah proses installasi selesai, Saya membuka dengan menggunakan command sudo etherape sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut : Selanjutnya saya mencoba mengubah mode tampilan etherape yang awalnya adalah mode Internet Protocol menjadi