Langsung ke konten utama

Topologi Pada Jaringan Komputer



Nama : Dyeva Mahaputra
NIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Topologi Jaringan Komputer didefiniskan sebagai teknis/cara/aturan/metode dalam mereangkai dan menghubungkan perangakat kedalam sebuah jaringan computer sehingga terjadilah hubungan jaringan computer antar perangkat yang bersifat geometris.

Topologi merupakan rancangan/desain yang akan di implementasikan atau di aplikasikan secara langsung kedalam perangkat keras yang terhubung dalam jaringan computer.

Terdapat banyak topologi di jaringan computer, namun disini akan saya jelaskan 6 topologi paling banyak digunakan.

1. Topologi Bus, Merupaakan topologi pertama dan paling digunakan pada zamannya. sangat sederhana penggunaan topologi ini dalam menghubungkan antar perangkat. kekurangan topologi ini ialah ketika salah satu perangkat mati, maka jaringan pada perangkat lain juga ikut mati.

2. Topologi Star, Merupakan Topologi yang jauh lebih modern. Topologi ini menghubungkan banyak perangkat kedalam satu buah computer pusat atau server. topologi ini jauh lebih baik dari segi kenyaman dan keamaan, sayangnya amat berbahaya apa bila server berhasil di retas sehingga dapat mengakses perangkat yang terhubung.

3. Topologi Peer to Peer (P2P), merupakan topologi yang jauh lebih maju, dengan keadaan dimana setiap perangkat saling terhubung satu sama lain, sehingga ketika salah satu perangkat mati, perangkat lain dapat mencari jaringan kearah yang lain.

4. Topologi Ring, Merupakan topologi yang jauh lebih modern. ketika salah satu perangkat mati maka ia akan secara otomatis menghubungkan keperangkat setelahnya sehingga jaringan tetap terjaga dalam lingkar jaringan.

5. Topologi Tree, Topologi ini ialah terdapat satu computer server yang terhubung terhadap beberapa computer control/admin. computer control ini menghubungkan antara computer client dengan computer pusat, sehingga terjadi penjagaan keaman yang jauh lebih baik dari topologi sebelumnya.

6. Topologi Mesh, merupakan pengembangan dari topologi Star namun dalam sekala yang jauh lebih besar. teknologi ini begitu rumit namun sangat baik fungsinya.

Setiap Topologi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. akan tetapi jika di perlukan penjelasan maka
topologi yang paling mudah digunakan ialah topologi bus.
topologi yang kompleks dan banyak digunakan saat ini ialah topologi mesh
(contoh : Satelit, operator, wireless, dll)

Referensi :

Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014.
ISBN : 602-1514-58-0.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EtherApe

Nama : Dyeva MahaputraNIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Kali ini Saya mencoba menginstall dan menggunakan aplikasi EtherApe. sebelumnya saya akan jelaskan apa itu EtherApe,  Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. Kemudian Saya menginstall EtherApe dengan mengetikan command ini di terminal sudo apt-get install etherape setelah proses installasi selesai, Saya membuka dengan menggunakan command sudo etherape sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut : Selanjutnya saya mencoba mengubah mode tampilan etherape yang awalnya adalah mode Internet Protocol menjadi