Langsung ke konten utama

EtherApe

Nama : Dyeva MahaputraNIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Kali ini Saya mencoba menginstall dan menggunakan aplikasi EtherApe. sebelumnya saya akan jelaskan apa itu EtherApe, 
Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis.
Kemudian Saya menginstall EtherApe dengan mengetikan command ini di terminal
sudo apt-get install etherape
setelah proses installasi selesai, Saya membuka dengan menggunakan command
sudo etherape
sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut :
Selanjutnya saya mencoba mengubah mode tampilan etherape yang awalnya adalah mode Internet Protocol menjadi mode TCP menggunakan menu capture - mode - TCP

Referensi :

Etherape : Pengenalan, Instalasi, Penggunaan
https://bytescode.wordpress.com/2018/07/22/etherape-pengenalan-instalasi-penggunaan/

Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014. 
ISBN : 602-1514-58-0.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Komentar