Langsung ke konten utama

Network Layer .bag 2


Nama : Dyeva Mahaputra
NIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Pada Network Layer terdapat beberapa protokol, sebelumnya sudah dijelaskan beberapa protokol tersebut. kali ini saya akan menjelaskan tentang protokol lainnya yang juga dikenal sebagai salah satu protokol inti seperti halnya TCP/IP bernama ICMP.

ICMP sendiri ialah sebuah kependekan dari apa yang kita kenal dengan nama Internet Control Message Protocol. ICMP memiliki peran dan fungsi yang penting dalam sebuah jaringan internet.


Contoh penggunaan ICMP dalam ping komputer.



Pada ping komputer A akan mengirimkan ICMP echo request ke komputer B. Komputer B kemudian akan membalas ICMP echo replay. Komputer A akan menghitung lama waktu antara pengiriman ICMP request dan penerimaan ICMP reply.

ICMP juga digunakan untuk memberikan pesan error jika suatu layanan (service) yang diminta tidak ada, atau jika komputer atau router yang berusaha dicapai tidak dapat dihubungi.

Routing
adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar-jaringan (internetwork). juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat dialirhantarkan dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router, router ini lah yang akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang diterima kepada penghala lainnya hingga sampai kepada tujuannya. 

pada routing kita dapat melihat rute yang digunakan menggunakan Traceroute, adapun traceroute adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan. 

Traceroute akan menampilkan titik-titik perantara yang menjembatani anda dan titik tujuan anda, ‘jembatan’ inilah yang biasa disebut dengan router, data yang anda kirimkan akan meloncat melewati jembatan-jembatan ini. Ada tiga buah waktu yang menunjukkan berapa waktu yang dibutuhkan oleh paket tersebut untuk berjalan dari komputer anda ke router.

Referensi :
Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014.
ISBN : 602-1514-58-0.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Pada Jaringan Komputer

Nama : Dyeva Mahaputra NIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Pada Postingan sebelumnya, kita mengetahui bahwa Dalam pertukaran data pada jaringan computer harus melewati berbagai macam layer dan protokolnya. Namun bagaimana pertukaran data itu terjadi dalam fisik? Salah satu syarat adanya jaringan computer adalah minimal terdapat 2 perangkat yang terhubung sehingga terjadi koneksi dan transmisi data antar 2 perangkat tersebut. Untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, dibutuhkan sebuah media jalur untuk menghubungkannya. Terdapat 2 Jenis media dalam pertukaran data, yaitu : 1. Kabel (WIRED) contohnya : UTP,LAN,HDMI 2. Non/Nirkabel (WIRELESS) contohnya : 3G, WIFI, BLUETOOTH Seiring bertambahnya waktu, Teknologi Nirkabel makin banyak di gunakan, dari hal tersebut lah maka berkembangnya persinyalan dalam jaringan computer yang da...

JARINGAN KOMPUTER DAN PERAN BAGI KEHIDUPAN

Nama : Dyeva Mahaputra NIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Desain Client-Server adalah Desain dimana yang meminta merupakan Client dan yang memberikan adalah Server, dan telah di gunakan di hamper seluruh aplikasi jaringan computer. Jaringan Komputer sederhana adalah dua buah computer yang terhubung melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data. Sedangkan Jaringan Komputer yang lebih luas memerlukan perangkat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router mupun Gateway. Jaringan Komputer terbagi atas 4 Jenis, yaitu ; 1. Berdasarkan Jangkauan (...