Langsung ke konten utama

Mengatasi Kuota Cepat Habis karena Windows Update

Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam Sang Pembaca.


Pernah merasa kuota tiba-tiba habis setelah membagi koneksi internet ke Laptop/komputer? Niatnya sih mau internetan, eh tau-tau harus isi paket data lagi! Padahal baru saja isi paket?

Kzl? Pasti.

Penulis juga pernah mengalaminya, niatnya mau browsing asik, eh malah harus keluar uang untuk beli paket lagi!

Untungnya setelah mengecek ke proses penggunaan data akhirnya diketahui penyebabnya, Windows Update.

Yap, Windows terkhusus pada versi Windows 10 sudah menyematkan Windows Update Automatis agar pengguna dapat merasakan fitur-fitur windows terupdate. Sayangnya terkadang Kuota jadi ganti bayarnya.

Jujur penulis sebenarnya tidak menyarankan untuk mematikan windows update, karena windows update ini sangat berguna bagi pengguna. Namun kalau kalian(sang pembaca) sudah yakin dan siap menerima konsekuensinya (virus ataupun bug pada windows) silahkan simak cara dibawah ini!

1.  Cara halus (biar enak)

Cara pertama kalian dapat mengaktifkan 'metered connection' pada koneksi yang terhubung pada windows kalian, dengan mengaktifkan fitur ini windows update akan menunda updatenya.

Caranya pertama sang pembaca cukup membuka setting, kemudian masuk ke network and internet, Setelah itu pilih koneksi WiFi atau Mobile Broadband kamu , pilih Advanced Options dan aktifkan opsi Set as metered connection.

2. Cara paksa(gak enak)

Salah satu cara lainnya adalah dengan mematikan services dari windows update. Namun dengan melakukan ini maka windows update akan mati total.

Caranya adalah pertama silahkan search 'services' , Setelah itu cari Windos Update lalu Klik kanan  dan pilih Properties.

Setelah itu Stop Windows Update Services tersebut dan ubah opsi Startup type ke Disabled.
Dengan mematikan windows update melalui services ini sang pembaca tidak bisa mengakses store dan modern apps. Jadi hati-hati ya!

Mungkin sekian tutorial kali ini, masih ada lagi cara mematikan windows update tapi menurut sang penulis dua cara ini adalah cara paling simpel dan efektif.

Sekian dan Terima kasih.


Sumber : winpoin.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EtherApe

Nama : Dyeva MahaputraNIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Kali ini Saya mencoba menginstall dan menggunakan aplikasi EtherApe. sebelumnya saya akan jelaskan apa itu EtherApe,  Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. Kemudian Saya menginstall EtherApe dengan mengetikan command ini di terminal sudo apt-get install etherape setelah proses installasi selesai, Saya membuka dengan menggunakan command sudo etherape sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut : Selanjutnya saya mencoba mengubah mode tampilan etherape yang awalnya adalah mode Internet Protocol menjadi