Langsung ke konten utama

JARINGAN KOMPUTER DAN PERAN BAGI KEHIDUPAN


Nama : Dyeva Mahaputra
NIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT


Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Desain Client-Server adalah Desain dimana yang meminta merupakan Client dan yang memberikan adalah Server, dan telah di gunakan di hamper seluruh aplikasi jaringan computer.

Gambar terkait

Jaringan Komputer sederhana adalah dua buah computer yang terhubung melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data. Sedangkan Jaringan Komputer yang lebih luas memerlukan perangkat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router mupun Gateway.
Jaringan Komputer terbagi atas 4 Jenis, yaitu ;

1. Berdasarkan Jangkauan (LAN,MAN,WAN),
2. Berdasarkan Fungsi (Client-Server, Peer-to-Peer),
3. Berdasarkan Topologi (Bus, Ring, Star) dan
4. Berdasarkan Media Transmisi (Wired Network, Wireless Network)

Adapaun Peran Jaringan Komputer terhadap kehidupan saya ialah :

1.       Sebagai Media Komunikasi
-Peran pertama dan yang paling penting ialah Jaringan Komputer bermanfaat bagi saya dalam menjalin komunikasi baik dalam bentuk telefon maupun pesan.

2.       Sebagai Sarana Berbagi
-Dikarenakan melalui Jaringan Komputer Saya dapat membagi sebuah berkas dari komputer satu ke komputer lainnya melalui Wireless maupun LAN.

3.       Sebagai Sumber Informasi terkini
-Di tahun ini teknologi berkembang dengan pesat pun Jaringan komputer, karena itu Informasi dapat diakses dalam jangkauan detik. Jaringan komputer memudahakn saya dalam mencari informasi khususnya dalam memahami materi perkuliahan dari internet.

4.       Sebagai Pusat Keamanan
-Semakin berkembangnya Jaringan Komputer, Keamanan dari Jaringan tersebut pun semakin berkembang. Karena hal tersebut lah saya menggunakan jaringan komputer yang keamanannya sudah terjamin.

Referensi :
Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EtherApe

Nama : Dyeva MahaputraNIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Kali ini Saya mencoba menginstall dan menggunakan aplikasi EtherApe. sebelumnya saya akan jelaskan apa itu EtherApe,  Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. Kemudian Saya menginstall EtherApe dengan mengetikan command ini di terminal sudo apt-get install etherape setelah proses installasi selesai, Saya membuka dengan menggunakan command sudo etherape sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut : Selanjutnya saya mencoba mengubah mode tampilan etherape yang awalnya adalah mode Internet Protocol menjadi