Langsung ke konten utama

JARINGAN KOMPUTER DAN PERAN BAGI KEHIDUPAN


Nama : Dyeva Mahaputra
NIM : 1805551159
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT


Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Desain Client-Server adalah Desain dimana yang meminta merupakan Client dan yang memberikan adalah Server, dan telah di gunakan di hamper seluruh aplikasi jaringan computer.

Gambar terkait

Jaringan Komputer sederhana adalah dua buah computer yang terhubung melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data. Sedangkan Jaringan Komputer yang lebih luas memerlukan perangkat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router mupun Gateway.
Jaringan Komputer terbagi atas 4 Jenis, yaitu ;

1. Berdasarkan Jangkauan (LAN,MAN,WAN),
2. Berdasarkan Fungsi (Client-Server, Peer-to-Peer),
3. Berdasarkan Topologi (Bus, Ring, Star) dan
4. Berdasarkan Media Transmisi (Wired Network, Wireless Network)

Adapaun Peran Jaringan Komputer terhadap kehidupan saya ialah :

1.       Sebagai Media Komunikasi
-Peran pertama dan yang paling penting ialah Jaringan Komputer bermanfaat bagi saya dalam menjalin komunikasi baik dalam bentuk telefon maupun pesan.

2.       Sebagai Sarana Berbagi
-Dikarenakan melalui Jaringan Komputer Saya dapat membagi sebuah berkas dari komputer satu ke komputer lainnya melalui Wireless maupun LAN.

3.       Sebagai Sumber Informasi terkini
-Di tahun ini teknologi berkembang dengan pesat pun Jaringan komputer, karena itu Informasi dapat diakses dalam jangkauan detik. Jaringan komputer memudahakn saya dalam mencari informasi khususnya dalam memahami materi perkuliahan dari internet.

4.       Sebagai Pusat Keamanan
-Semakin berkembangnya Jaringan Komputer, Keamanan dari Jaringan tersebut pun semakin berkembang. Karena hal tersebut lah saya menggunakan jaringan komputer yang keamanannya sudah terjamin.

Referensi :
Handbook Jaringan Komputer. I Putu Agus Eka Pratama. Informatika. Bandung. 2014.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Pada Jaringan Komputer

Nama : Dyeva Mahaputra NIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Pada Postingan sebelumnya, kita mengetahui bahwa Dalam pertukaran data pada jaringan computer harus melewati berbagai macam layer dan protokolnya. Namun bagaimana pertukaran data itu terjadi dalam fisik? Salah satu syarat adanya jaringan computer adalah minimal terdapat 2 perangkat yang terhubung sehingga terjadi koneksi dan transmisi data antar 2 perangkat tersebut. Untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, dibutuhkan sebuah media jalur untuk menghubungkannya. Terdapat 2 Jenis media dalam pertukaran data, yaitu : 1. Kabel (WIRED) contohnya : UTP,LAN,HDMI 2. Non/Nirkabel (WIRELESS) contohnya : 3G, WIFI, BLUETOOTH Seiring bertambahnya waktu, Teknologi Nirkabel makin banyak di gunakan, dari hal tersebut lah maka berkembangnya persinyalan dalam jaringan computer yang da...

Network Layer .bag 2

Nama : Dyeva Mahaputra NIM : 1805551159 Prodi : Teknologi Informasi Fakultas : Teknik Universitas : Udayana Mata Kuliah : Jaringan Komputer dan Komunikasi (F) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Pada Network Layer terdapat beberapa protokol, sebelumnya sudah dijelaskan beberapa protokol tersebut. kali ini saya akan menjelaskan tentang protokol lainnya yang juga dikenal sebagai salah satu protokol inti seperti halnya TCP/IP bernama ICMP. ICMP sendiri ialah sebuah kependekan dari apa yang kita kenal dengan nama Internet Control Message Protocol. ICMP memiliki peran dan fungsi yang penting dalam sebuah jaringan internet. Contoh penggunaan ICMP dalam ping komputer. Pada ping komputer A akan mengirimkan ICMP echo request ke komputer B. Komputer B kemudian akan membalas ICMP echo replay . Komputer A akan menghitung lama waktu antara pengiriman ICMP request dan penerimaan ICMP reply. ICMP juga digunakan untuk memberikan pesan error jika suatu layan...